Saturday, January 22, 2022

Manfaat Bergabung Bersama Komunitas Parenting Untuk Ayah Bunda

Ilustrasi parenting. Foto : unsplash


Menanggung tugas besar sebagai seorang ibu memang bukanlah suatu perkara yang mudah. Tidak jarang para ibu juga seringkali merasa kelelahan dan penat dengan segala rutinitas yang ia jalani sebagai seorang ibu dan istri. Pastinya saat merasa lelah dan penat seperti ini, seringkali para ibu membutuhkan ruang serta temang yang bisa dijadikan tempat berkeluh kesah ataupun hanya sekedar berbincang.


Tentunya hal seperti merupakan hal yang lumrah dirasakan oleh setiap ibu diluar sana. Untuk itulah biasanya para ibu memerlukan bergabung dengan grup atau komunitas parenting Indonesia. Disana para ibu tidak hanya bisa mendapatkan informasi seputar cara mengasuh anak tetapi juga disana para ibu bisa sharing segala kesulitan dan juga tantangan yang dirasakan selama menjadi ibu.


Dengan begitu maka anda akan merasa bahwa ada orang yang sama juga dengan anda karena memiliki permasalah yang serupa. Setelah melihat hal seperti itu pastinya anda akan merasa bahwa selama ini anda tidak berjuang sendirian. Diluar sana masih banyak ibu – ibu yang juga merasakan keluhan yang sama dengan anda atau bahkan jauh lebih sulit. Tentunya setelah menyadari hal tersebut anda bisa menjadi tenang kembali.


Ilustrasi parenting. Foto : unsplash


Itulah salah satu alasan mengapa diperlukannya bergabung dengan komunitas parenting yang ada di sekitar anda. Dengan begitu anda bisa membagikan segala kesulitan maupun hal yang menyenangkan selama anda menjalankan peran sebagai ibu. Dengan adanya komunitas ini juga anda bisa memiliki waktu rehat sejenak meskipun pembahasan yang dibahas masih seputar anda dan keluarga anda.


Tidak hanya memberi manfaat bagi para ibu saja, ternyata dengan mengikuti komunitas parenting ini juga bisa memberi manfaat yang baik bagi para ayah. Di komunitas tersebut para ayah juga bisa saling membagikan informasi maupun mencari informasi terkait cara mengasuh anak. Denga begitu antara ayah dan ibu pun bisa sama – sama memahami porsinya sebagai orangtua yang dibutuhkan anak.


Semakin banyak ilmu parenting yang diketahui dan dipahami oleh ayah dan ibunya maka akan semakin baik pula cara pengasuhan kepada anaknya. Jika pola asuh yang diterapkan orangtua dirumah sudah baik maka anak kelak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik. Tentunya jika karakter anak baik kedepannya ia akan bisa bersikap dengan orang – orang di sekitarnya dengan baik pula.


Berarti dapat disimpulkan bahwa dengan mengikuti komunitas parenting banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan. Bukan hanya untuk ibunya saja melainkan juga untuk ayahnya dan juga anaknya. Dengan adanya komunitas parenting ini juga bisa meningkatkan kemampuan para orangtua dalam hal mendidik anak.


Ilustrasi parenting. Foto : unsplash

Selain itu dengan mengikuti komunitas parenting ini juga para orangtua bisa saling membagikan informasi tentang kehidupan mengurus rumah tangganya. Dengan begitu rasa bosan dan lelah yang dirasakan selama mengurus anak pun bisa sedikit berkurang karena para orangtua bisa saling sharing perihal masalah yang sedang dirasakan di komunitas tersebut.


Jadi tips untuk anda para orangtua diluar sana sebaiknya bergabung dengan komunitas parenting karena banyak manfaat yang bisa dirasakan. Tidak hanya pengalaman dan juga informasi seputar mengurus anak tetapi di komunitas tersebut anda juga menambah relasi dengan sesame orangtua diluar sana.


Saat ini juga sudah banyak komunitas parenting Indonesia diluar sana yang bisa anda ikuti. Pilihan komunitas mana yang akan anda ikuti dikembalikan lagi kepada kebutuhan anda sebagai orangtua.


Artikel Terkait