Wednesday, March 24, 2021

3 Cara Tingkatkan Konsentrasi Belajar Bahasa Inggris

Ilustrasi belajar bahasa Inggris. via : unsplash

Kurangnya konsentrasi, seperti halnya kurangnya motivasi, terkadang dapat menghalangi kita ketika mencoba mencapai sesuatu, terutama ketika sedang memiliki keinginan dan memiliki tekad belajar bahasa Inggris dari dasar. Konsentrasi membantu kita dalam proses menghafal, menjalani pelajaran dengan cara yang lebih santai dan menjadi lebih percaya diri. Tapi ini adalah masalahnya, terkadang kita sepertinya tidak bisa berkonsentrasi. Jika kamu terlalu lelah, cemas, berada di lingkungan yang salah, kamu mungkin akan menemukan moment tidak dapat berkonsentrasi.


Untuk tetap fokus 100 persen, berikut adalah 3 cara konsentrasi belajar bahasa Inggris yang ampun dan akan membantu kamu semakin meningkatkan hasil belajar :


1. Kenali Dirimu Sendiri!


Yang harus kamu ketahui adalah bahwa puncak konsentrasi maksimum untuk seseorang dimungkinkan selama 30 menit. Seringkali puncak ini terjadi pada pagi hari. Namun, kita tidak semua seefisien pada waktu yang sama dalam sehari. Beberapa dari kita adalah seorang “morning person”, yang lainnya adalah manusia malam. 


Kenali waktu terbaik untuk belajar. Foto : unsplash


Terserah kamu untuk mengetahui kapan kamu lebih mampu berkonsentrasi. Selain itu, lebih baik memiliki sesi pembelajaran singkat, beberapa menit setiap minggu, di mana kamu akan berkonsentrasi penuh pada tujuanmu dari pada lama tetapi kamu tidak konsentrasi untuk itu.


2. Tingkatkan Daya Tahan Mental 


Tahukah kamu bahwa meningkatkan ketahanan mental kamu adalah mungkin, dengan kata lain, saat kamu mampu berkonsentrasi? Kita telah melihat bahwa puncak konsentrasi yang dialami rata-rata orang hanya berlangsung sekitar 30 menit. Tak perlu dikatakan bahwa mencapai konsentrasi 30 menit itu bukanlah suatu keharusan. Ada latihan sederhana untuk meningkatkan berapa lama kamu dapat berkonsentrasi yang terdiri dari mengatur waktu sendiri setiap hari.


3. Jangan Pernah Bekerja Saat Lapar atau Ngantuk


Konsentrasi maksimal bisa dicapai saat kondisi tubuh sedang optimal. Foto : unsplash


Tidak ada gunanya, kamu hanya akan teralihkan. Lebih baik makan dengan baik (jangan terlalu banyak, kamu tidak ingin merasa kembung kan?) dan merasa senang saat harus belajar. Sejalan dengan itu, kita bahkan dapat mengatakan bahwa kita harus menerapkan gaya hidup sehat: kurang tidur mengganggu konsentrasi, juga rasa lapar dan kelelahan fisik. Apa artinya itu bagi kita? Untuk dapat berkonsentrasi dengan baik, kita harus makan makanan yang sehat, seimbang dan tetap bugar. 


Artikel Terkait

Newest Post