Wednesday, December 23, 2020

Mengenal Perbedaan Torsi Dengan Tenaga Pada Kendaraan


Setiap membeli sebuah kendaraan penting bagi anda untuk mengecek semua hal. Bukan hanya sekedar tren atau apapun itu, namun anda harus mengetahui spesifikasi di dalamnya.


Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana mobil dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai dengan kebutuhan anda.


Untuk hal itu anda bisa dapat sebuah rincian mobil dan akan dijelaskan oleh pegawai dealer. Biasanya beberapa orang akan menanyakan hal tentang torsi pada saat akan membeli kendaraan.


Namun masih ada beberapa orang yang belum mengetahui torsi secara mendalam berikut ini merupakan ulasan mengenal apa itu torsi yang perlu anda perhatikan guna mendambakan wawasan pengetahuan anda.


Apa Itu Torsi pada Kendaraan?


Sebelum kita mengetahui perbedaan dari torsi dengan tenaga di kendaraan, lebih baik kita harus mengenal apa itu torsi terlebih dahulu.


Dimana merupakan sebuah daya dorong yang terjadi di sebuah piston serta di sebuah poros engkol. Atau apabila ada suatu gerakan atau dorongan yang berasal dari dua bagian tersebut, dapat menghasilkan perputaran gerakan atau biasa disebut orang orang adalah torsi itu sendiri.


Tentunya sangat berpengaruh bukan dengan kebutuhan sebuah kendaraan bagi anda untuk sehari hari. Disamping itu anda melakukan hal mengecek semua spesifikasi pada kendaraan untuk mengukur apakah kendaraan dapat digunakan melalui beberapa situasi maupun Medan. Agar pada saat anda memakainya tidak perlu lagi cemas.




Perbedaan Torsi Dengan Tenaga Pada Kendaraan


Walaupun sudah pasti antara torsi dengan tenaga di kendaraan ini berbeda, namun masih ada banyak orang yang belum paham terkait perbedaan dari torsi dengan tenaga di kendaraan. Banyak yang masih mengira jika antara torsi dan juga tenaga di kendaraan ini sama.


Untuk itu, sebagai penambah wawasan untuk anda. Berikut dibawah ini adalah beberapa ulasan terkait perbedaan dari torsi dengan tenaga yang ada di kendaraan.


Torsi Adalah Tentang Akselerasi Sementara Tenaga Berkaitan Dengan Kecepatan


Torsi selalu berhubungan dengan akselerasi sedangkan tenaga  berhubungan dengan kecepatan. Karen tenaga dihasilkan dari sebuah kecepatan yang berasal dari dorongan. Torsi memiliki satuan berupa Newton sedangkan kecepatan memiliki satuan Horse Power dan Daya Kuda.


Torsi Memiliki Peran Saat Kendaraan Diam


Semakin cepat sebuah mobil melaju maka membuat tenaga yang dihasilkan menjadi  lebih besar ataupun tinggi serta dipengaruhi oleh waktu. Sedangkan torsi akan mempengaruhi sebuah proses performa dari sebuah mesin mobil.


Torsi Dapat Dimanipulasi Sementara Tenaga Tidak Bisa Dimanipulasi


Perbedaan dari torsi dengan tenaga berikutnya adalah bahwa nilai dari torsi atau putaran ini bisa diubah dan dimanipulasi dengan alat yang bernama girboks. Jadi dengan alat tersebut nilai torsi bisa semakin dinaikkan jika mempengaruhi gigi rasio kendaraan. Namun tenaga torsi tidak dapat dimanipulasi oleh siapa saja.


Jadi kecepatan dari torsi yang dihasilkan ini tergantung dari dorongan yang dihasilkan dari mesin kendaraan. Misalnya kendaraan mempunyai torsi sebesar 50 pound dan juga mempunyai gigi rasio 3,0. 


Nah torsi yang dihasilkan adalah 150 pound dari hasil perkalian tersebut. Namun angka tersebut bisa dimanipulasi agar hasilnya lebih tinggi atau lebih besar.


Torsi Ada Terlebih Dahulu Baru Tenaga


Hal ini karena torsi memiliki peranan penting walaupun disaat mobil masih dalam keadaan mati. Hal ini karena adanya sebuah ledakan dari ruang pembakaran dalam mesin, setelah itu menghasilkan gaya dan disalurkan ke roda hingga bergerak.


Pada saat inilah pengemudi harus menggunakan mobil melaju dengan cepat, dalam hal ini tenaga memiliki arti yang penting.


Tanpa Torsi Yang Besar Tidak Akan Ada Tenaga Yang Besar


Terakhir, banyak yang mengira jika performa kendaraan ini dipengaruhi oleh tenaga yang besar. Dimana semakin besar tenaga maka semakin besar juga performa dari kendaraan tersebut.


Oleh sebab itu jika ingin kendaraan melaju cepat maka harus memperhatikan nilai torsi maksimal dari mobil yang akan anda beli.


Hal ini karena tanpa adanya torsi yang besar maka kecepatan kendaraan tidak bisa melaju dengan sempurna.


Nilai torsi yang dihasilkan di ruang pembakaran mesin ini membawa peran yang sangat penting untuk kendaraan. Jika mobil tidak memiliki torsi besar maka kendaraan tidak akan bisa melaju dengan cepat.


Artikel Terkait

Newest Post