Monday, September 21, 2020

Kenapa sih Perusahaan Harus Menggunakan Software Payroll?


Software payroll adalah perangkat lunak khusus untuk penggajian yang dirancang khusus untuk membantu dan memfasilitasi tim HR dalam proses penggajian. Kehadiran Software ini dapat membantu tim HR mengatasi hambatan dalam penggajian. Seperti yang diketahui, hambatan dalam penggajian berputar seputar kesalahan hitung, telat kirim gaji, komponen gaji yang tertukar karena salah input, dan lain-lain. 


Kenapa Harus Software Payroll? 

Sayangnya, banyak perusahaan yang masih memperhitungkan gaji dengan cara manual. Padahal penggajian harus berjalan dengan akurat, cepat, dan tepat. Oleh karena itu, software payroll adalah pilihan tepat bagi perusahaan. Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa perusahaan perlu menggunakan software payroll.


Aman

Perusahaan pasti memiliki data karyawan yang bekerja di sana. Ketika data karyawan secara fisik dikumpulkan oleh perusahaan dalam lemari arsip, kemungkinan hilang bisa terjadi tiap saat. Akan tetapi, dengan software payroll, data karyawan dapat aman disimpan dan diverifikasi. Pihak-pihak internal perusahaan yang mempunyai hak akses memiliki nama pengguna dan password yang berwenang untuk mengakses data.


Terukur 

Perhitungan gaji akan lebih terukur dan tepat waktu karena software menjalankan perhitungan upah secara otomatis berdasarkan data yang ada. Ini akan membantu kerja HRD untuk menghitung gaji yang biasanya secara manual sering menjadi hambatan.


Akurat

Karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan ingin pembayaran gaji sesuai dengan haknya. Oleh karena itu, perhitungan gaji harus dilakukan dengan cermat dan akurat. Komponen penggajian seperti kehadiran, lembur, cuti berbayar, pajak, iuran BPJS dapat dilakukan dengan akurat dan secara bersamaan. Perhitungan gaji dalam perangkat lunak juga dapat disesuaikan dengan ketentuan dan kebijakan masing-masing perusahaan. Dengan demikian, desain perangkat dapat dirancang secara fleksibel menyesuaikan komponen penggajian dalam bisnis yang bisa saja berbeda.


Baca Juga : Contoh Surat Keterangan Kerja


Real-time

Pemantauan real-time tentu dapat memudahkan staf HRD dalam melaksanakan tugas mereka. Dengan sistem ini, kehadiran, lembur, liburan, dan data lain yang diperlukan dalam proses penggajian dapat dengan mudah dikontrol tanpa perlu memindahkan data pertama. Sinkronisasi data menjadi lebih mudah karena data secara otomatis disimpan dalam sistem cloud. Selain itu, perusahaan dapat mengakses setiap saat data yang diperlukan kapan saja karena terintegrasi secara online. setiap tempat karena terintegrasi software online.


Kredibel

Sebuah perusahaan akan memiliki beberapa co-investor atau penyedia bekerja sama. Selain melihat bagaimana perusahaan, salah satu hal penting untuk dipertimbangkan penjual atau investor adalah kredibilitas perusahaan. Kredibilitas perusahaan dapat dilihat salah satunya dalam penerapan teknologi berkaitan dengan pengelolaan SDM.


Proses inti perusahaan harus menjadi prioritas utama perusahaan. Dengan software payroll, perusahaan dapat menjalankan kinerja dan proses administrasi yang baik secara bersamaan tanpa ada berat sebelah antara kedua belah pihak. Demikianlah penjelasan mengenai mengapa perusahaan harus menggunakan software payroll. Untuk mencari software payroll terbaik dan handal untuk digunakan setiap saat, perusahaan dapat memilih LinovHR sebagai solusinya. Yuk, coba software payroll dari LinovHR sekarang juga! 


Artikel Terkait

Newest Post