Wednesday, August 19, 2020

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Perawatan Trafo Listrik

Ilustrasi Perawatan Trafo Listrik. Gambar : unsplash


Trafo atau transformator merupakan salah satu perangkat kelistrikan statis yang berfungsi mentransfer energi listrik dari satu rangkaian ke rangkaian lainnya. Pemakaian trafo biasanya untuk menambah atau menurunkan level tegangan listrik antar rangkaian. Trafo bisa Anda temukan pada setiap energi listrik yang menggunakan arus bolak-balik atau disebut sebagai alternating current (AC).


Perangkat listrik bernama trafo ini melakukan penukaran tegangan arus yang terdapat pada suatu rangkaian dengan tidak mempengaruhi daya listrik total. Hal tersebut berarti trafo bekerja dengan membutuhkan listrik bertegangan tinggi dengan arus kecil yang kemudian akan diubah menjadi listrik bertegangan rendah, atau sebaliknya.


Perawatan Trafo Listrik


Agar trafo berfungsi semestinya, perlu dilakukan perawatan secara rutin. Perawatan dimulai dari pengecekan secara menyeluruh pada tangki trafo termasuk juga sisi yang pernah di las dan baut atau mur. Pastikan tidak ada yang bocor dan sambungan kabel dalam keadaan aman.


Tidak lupa cek pula ketersediaan silica gel pada breather sekurang-kurangnya tiga perempat harus berwarna biru. Lakukan pula pemeriksaan dan analisa minyak isolasi pada trafo, meliputi tegangan tembus (breakdown voltage), analisa gas terlarut (dissolved gas analysis, DGA), dan analisa minyak isolasi secara menyeluruh (sekali setiap 10 tahun).


Ilustrasi kabel. Gambar : unsplash


Setelah itu, lakukan pengamatan dan pemeriksaan langsung dengan mengecek kondisi fisik trafo secara menyeluruh. Cek pula keadaan alat-alat ukur, relay, saringan/filter pada trafo. Kemudian lakukan pemeriksaan dengan menggunakan sinar infra-merah (infrared monitoring).


Jangan lewatkan perawatan dan pemeriksaan ringan (Minor overhaul) pada trafo setiap 3 atau 6 tahun. Lakukan pula perawatan dan pemeriksaan teliti (Major overhaul) setidaknya sekali selama masa pakai dengan melakukan pembersihan, pengencangan kembali dan pengeringan.


Trafo juga perlu dilakukan perawatan berkala, mulai dari perawatan harian, mingguan, bulanan, 6 bulanan, dan perawatan tahunan. Langkah-langkah melakukan perawatan secara berkala bisa mengikuti sebagaimana yang disarankan pada https://sewatama.com/id/langkah-langkah-perawatan-trafo-listrik-yang-perlu-dilakukan-secara-berkala/.


Apabila Anda tidak memiliki keterampilan dalam melakukan perawatan trafo, untuk keamanan, gunakan jasa perawatan trafo listrik. Sewatama bisa Anda jadikan sebagai vendor perawatan trafo dengan rekam jejak yang tidak perlu diragukan lagi selama 22 tahun lebih memberi pelayanan di bidang kelistrikan. Informasi lebih lanjutnya bisa Anda akses melalui https://sewatama.com/.


Artikel Terkait

Newest Post