Saturday, March 07, 2020

Ingin Mesin Cuci Tetap Awet? Ini 4 Tips Beli Mesin Cuci yang Benar

Jika dulu mencuci harus dilakukan secara manual, maka sekarang Anda bisa menggunakan mesin cuci yang bisa membantu proses pencucian pakaian secara otomatis. Sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui tips beli mesin cuci yang benar dan hanya asal dalam memilih mesin cuci. Oleh karena itu tak heran jika hanya dalam kurun waktu beberapa tahun atau bulan, mesin cuci akan langsung rusak.

Oleh karena itu agar mesin cuci tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, Anda harus bisa mempertimbangkan berbagai hal ketika akan memilh mesin cuci, mulai dari desain, fitur, kapasitas, dan juga penggunaan daya yang dihadirkannya.


Tips Membeli Mesin Cuci yang Benar

Mesin cuci yang dihadirkan di pasaran memiliki beragam jenis dan tipe sehingga terkadang sangat sulit untuk memilihnya. Namun jangan khwatir, Anda hanya perlu menetapkan tujuan pembelian mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget. Sebagai tambahan informasi, ini dia beberapa tips beli mesin cuci yang layak untuk Anda coba.

1. Pilihlah Mesin Cuci sesuai dengan Kebutuhan

Secara umum ada tiga jenis mesin cuci yang sering dijual dipasaran antara lain mesin cuci top loading, dua tabung, dan juga fron loading. Anda bisa memilih jenis mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Top Loading

Mesin cuci jenis top loading sangat cocok digunakan apabila Anda cenderung menimbun pakaian kotor dan jarang mencuci. Desain mesin cuci top loading sendiri membuat air dan detergen bisa menjangkau seluruh area pencucian sehingga pakaian dapat bersih sempurna.

  • Front Loading

Jika Anda mencari mesin cuci yang bisa melakukan pengeringan secara optimal dan tidak perlu menghabiskan banyak air, maka jenis front loading bisa menjadi pilihan yang tepat. Jenis front loading sangat cocok digunakan oleh Anda yang senang mencuci baju secara teratur.


  • Dua Tabung

Mesin cuci dua tabung memiliki tabung pencucian dan tabung pengeringan secara terpisah. Jenis mesin cuci ini juga sangat menguntungkan karena arus air lebih kencang sehingga sangat efektif digunakan untuk mencuci pakaian dengan noda membandel.

2. Sesuaikan Mesin Cuci dengan Kapasitas Pakaian yang Akan Dicuci

Ketika akan membeli mesin cuci, Anda juga harus menyesuaikan kapasitas ruang mesin yang dipilih dengan kapasitas pakaian anggota keluarga yang akan dicuci. Jika Anda memiliki jumlah anggota keluarga yang cukup banyak dalam satu rumah, maka belilah mesin cuci dengan kapasitas ruangan yang cukup besar.

Agar kerja mesin tidak berat, maka pilihlah mesin cuci dengan kapasitas ruang yang lebih besar. Jika Anda tinggal sendiri, maka mesin cuci dengan kapasitas 5 kg bisa menjadi pilihannya. Namun jika Anda tinggal berdua dan tidak mencuci pakaian setiap hari, pilihlah mesin cuci dengan kapasitas 7-9 kg.

3. Pilih Mesin Cuci dengan Fitur Pembersih Otomatis

Agar noda dari pakaian yang dicuci tidak mengganggu mesin, maka pertimbangkan untuk membeli mesin cuci yang sudah menghadirkan fitur pembersih otomatis. Dengan begitu Anda tidak perlu repot-repot lagi melakukan perawatan secara rutin.

Selain bisa membersihkan noda dan sisa detergen dari aktivitas pencucian, fitur pembersih otomatis juga mambu mencegah munculnya bakteri dan jamur pada mesin sehingga mesin akan tampak lebih terawat.

Saat ini banyak sekali produsen yang menghadirkan mesin cuci dengan tambahan fitur pembersih otomatis. Ada yang menggunakan teknologi original atau memanfaatkan Ag+ dan juga ion perak yang berfungsi sebagai anti bakteri.

4. Pertimbangkan Biaya Pembelian

Harga mesin cuci yang di banderol bervariasi mulai dari Rp. 1 juta hingga puluhan juta. Agar kebutuhan lain tidak terbengkalai, maka sebelum memutuskan untuk membeli mesin cuci, anda harus mematok biaya awal pembelian terlebih dahulu.

Dengan begitu pembelian mesin cuci bisa lebih mudah dan Anda bisa menentukan mesin cuci terbaik sesuai dengan dana yang telah disiapkan.

Tips beli mesin cuci memang bisa menjadi patokan untuk mendapatkan mesin cuci yang sesuai. Dengan begitu,  Anda tentu tidak akan karena harus membeli produk yang salah. Untuk mendapatkan mesin cuci dengan harga yang lebih murah, Anda bisa membelinya melalui Bhinneka.com karena banyaknya promo dan voucher e-coupon yang ditawarkan.

Artikel Terkait

Newest Post