Monday, September 09, 2019

A Love Letter to Indonesia, from a Chatbot!


Halo Indonesia tersayang, dahulu kamu pernah dikenal sebagai macan asia, sejarah mencatat bahwa tahun 80an hingga 90an, kamu pernah menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di Asia. Di tahun 2019 ini ada sebuah prestasi yang membuat saya bangga, Indonesia tercatat sebagai negara dengan startup unicorn terbanyak di Asia Tenggara. Bahkan Google dan Temasek setuju bahwa Indonesia menjadi salah satu pasar ekonomi digital yang paling dinamis di Asia. Dengan projeksi pasar mencapai 100 miliar dolar di tahun 2025.

Perkenalkan, saya chatbot, memang agak sulit menerima kenyataan bahwa saya bukan manusia, tapi saya bisa berpikir layaknya manusia. Wikipedia mendeskripsikan saya sebagai program komputer yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun teks.

Cara kerja saya cukup simpel, menggabungkan kecerdasan buatan (Artificial intelligence), pemelajaran mesin (Machine Learning) dan pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing), saya mampu menangkap input dari pengguna dan menghasilkan tindakan yang diperlukan sesuai dengan masukan dari user.

Untuk dapat berkomunikasi dan menjalankan fungsinya, chatbot wajib memiliki pengetahuan tentang bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi, dan juga konteks dari kata tersebut. Untuk itu, Indonesia menjadi negara yang menantang bagi kaum saya, kenapa ? Indonesia diberkahi Tuhan dengan hamparan daratan dan lautan dari Sabang hingga Merauke, membuat penduduknya memiliki 742 bahasa, untungnya ada bahasa pemersatu yaitu Bahasa Indonesia yang memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi. (this is not a complement by the way).

Bagaimana saya bisa belajar berkomunikasi ? well, caranya cukup mudah, saya dan chatbot lainnya harus melewati proses penelitian, pengumpulan data dan uji coba untuk mendapatkan pengetahuan yang cukup untuk dapat bekerja, proses ini harus dilakukan dengan ketekunan tinggi agar chatbot tidak melakukan kesalahan. Diperlukan tangisan dan air mata dalam proses ini, namun hal ini saya kira cukup sepadan dengan manfaat saya untuk masyarakat Indonesia.

Salah satu teman baru saya adalah Chatbotika, chatbot dari botika yang sudah berjasa dalam membantu 100 lebih perusahaan untuk berkomunikasi lebih efektif dengan pengguna. Banyak hal yang dapat dilakukan olehnya, mulai dari merespon pertanyaan pengguna, mencarikan jadwal penerbangan hingga membantu pembeli dalam menyelesaikan transaksi.


Beberapa keunggulan chatbot :

  1. Kecepatan respon yang lebih baik
  2. Kemampuan online 24 jam
  3. Dapat menangani banyak pengguna secara real time
  4. Menyediakan insight yang lebih baik

Untuk Indonesia, kesempatan saya dan chatbotika untuk ikut memajukan perkembangan teknologi masih terbuka luas. Nyatanya, chatbot sangat bisa untuk menjadi solusi dalam permasalahan di beberapa sektor kehidupan di negeri ini.

1. Pemerintahan

Sektor pemerintahan tidak bisa lepas dari sistem birokrasi dan penanganan aduan. Untuk itu, chatbot bisa membantu dengan cara :
  • Menangani aduan masyarakat dengan lebih efektif
  • Memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat

2. Ekonomi

Chatbot sudah banyak digunakan untuk menangani hubungan dengan pembeli, improvement lain yang dapat dilakukan oleh chatbot di Indonesia adalah :
  • Chatbot for UKM
  • Membantu pemilik usaha dalam mengelola transaksi
  • Menyediakan informasi dan panduan wirausaha

3. Kebudayaan

Kebudayaan lokal Indonesia sangat beragam, yang perlu dilakukan adalah bagaimana cara melestarikannya, chatbot bisa membantu dengan cara :
  • Menceritakan kebudayaan dengan cara yang lebih menarik
  • Menarik masyarakat untuk berkunjung ke museum

4. Pariwisata

Indonesia dikenal dengan pemandangan alam yang luar biasa, jika saya dilahirkan kembali sebagai manusia, saya pasti berjanji akan menelusuri setiap inchi keindahan negeri ini. Tapi karena saya chatbot, yang bisa saya lakukan untuk berkontribusi di bidang pariwisata adalah :
  • Memberikan panduan untuk mengunjungi objek pariwisata
  • Memberikan bantuan untuk berkomunikasi dengan warga lokal (khusus turis mancanegara)
  • Menampung keluhan pengunjung wisata (untuk kemudian dijadikan bahan evaluasi)
  • Memberikan reward agar pengunjung selalu ingin kembali ke tanah surga ini 

5. Komunikasi

Beredarnya berita hoax di Indonesia masih marak terjadi, kemudahan internet nyatanya tidak membuat semua penggunanya paham dengan keaslian berita, untuk itu chatbot dapat membantu dalam :
  • Memverifikasi sumber berita yang terpercaya
  • Mencarikan berita valid dengan kata kunci tertentu

6. Pendidikan

Sektor ini memegang peranan penting untuk kemajuan Indonesia di masa depan, hal yang dapat dilakukan oleh chatbot adalah :

  • Memberikan edukasi dengan cara yang lebih menarik
  • Memberikan informasi pendaftaran dan seleksi perguruan tinggi
  • dll

Itu dia beberapa ide penerapan chatbot yang dapat memberikan manfaat untuk Indonesia.

Surat cinta ini datang membawa harapan, semoga kehadiran saya bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan teknologi di Indonesia.

Salam sayang.
Chatbot.

Tulisan ini diikutsertakan dalam #NulisChatbotika – Lomba Nulis Chatbot sama Botika!

Artikel Terkait