Sunday, April 14, 2019

Pengalaman Pertama Ikut Marathon di Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019


Setelah selama ini hanya lari-lari lucu keliling kampus, akhirnya Minggu, 31 Maret 2019 kemarin mimpi untuk ikut event lari terwujud juga, dengan modal nekat dan keyakinan, saya beranikan diri untuk mengikuti Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019.

Sebagai orang yang lahir dan besar di Banyuwangi, ada sebuah panggilan jiwa untuk mengikuti event ini, apalagi ini adalah kali pertama Banyuwangi menyelenggarakan lomba lari marathon.

And it happens ...

Pukul 05.00, saya menuju taman Blambangan yang menjadi garis start sekaligus finish, meskipun jadwal pelepasan kategoti 5k batu dimulai jam 06.00, saya sengaja hadir lebih awal untuk menyaksikan pelepasan dari kategori yang lebih panjang yaitu 21k dan 10k.

Di pagi buta itu, saya melihat sosok Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas beserta jajaran direksi Bank Mandiri yang terlihat semangat untuk membuka acara ini. "Selamat datang di acara lari marathon pertama di Banyuwangi, sebuah kebanggaan bisa berkolaborasi dengan Bank Mandiri untuk event pertama ini", ucap pak Bupati membuka Sambutan.


"Selamat berlari, jangan lupa untuk menikmati Banyuwangi"
Begitulah ucapan bapak Bupati sambil melepas para peserta marathon

Okay, pertama saya akan menjelaskan beberapa kesalahan yang saya lakukan sebagai first timer.

Kesalahan pertama
Mengambil posisi start di depan sendiri, akibatnya bisa ditebak, saya tidak bisa mengantisipasi dorongan dari belakang yang membuat saya hampir oleng, saya lihat juga ada 1 peserta yang jatuh tersungkur karena tidak terdorong oleh peseta lainnya.

Kesalahan kedua
Bawa hp di kantong, well karena niatnya buat tracking sambil foto-foto,
Jadi, event selanjutnya harus bawa tas atau armband.



Kesalahan ketiga
Dehidrasi, karena standby di lokasi acara sejak jam 5 pagi, 5 menit pertama saya sudah mengalami kecapekan yang luar biasa, untungnya, panitia menyediakan water station di tiap 2km yang bisa membantu menjaga performa peserta.


Setelah menceritakan apa yang ga enak, saatnya membagikan apa yang berkesan dari Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019.

1. Suasana Banyuwangi yang keren abis
Di event mandiri half marathon ini, peserta diajak untuk menikmati suasana Banyuwangi, mengambil start dan finish di taman kebanggaan warga banyuwangi yaitu taman blambangan, saya dan ribuan pelari lainnya diajak menikmati teduhnya suasana kota banyuwangi sambil sesekali melewati area pemukiman warga.

2. Antusiasme warga banyuwangi

Meskipun ini menjadi event marathon pertama, antusiasme warga banyuwangi untuk memeriahkan acara ini patut diacungi jempol. tidak hanya ikut sebagai peserta, tapi juga ikut menyemarakkan sepanjang lintasan lari.

Warga memberikan semangat bagi peserta Mandiri Banyuwangi Half Marathon dengan cara yang unik, mulai dari menyanyikan lagu daerah, yel-yel hingga sholawat.

3. Totalitas dukungan dari Bank Mandiri dan BUMN lainnya.

Event Mandiri Banyuwangi Half Marathon ini adalah bagian dari rangkaian HUT BUMN, Bank Mandiri sebagai penyelenggara utama paham betul untuk mensukseskan acara lari ini, karena mandiri sudah banyak menyelenggarakan event marathon di kota-kota lainnya di Indonesia.

Kalau ditanya, gimana hasil lombanya ?

Untuk first timer, lumayan lah, mencatat waktu 45 menit, meskipun begitu saya gagal mendapatkan medali karena kalah dengan ratusan peserta yang mencapai garis finish duluan.

Setelah capek menuju garis finish, saya dan ribuan peserta disuguhi dengan panggung hiburan yang berisi games dan pembagian doorprize menarik.


Selain itu ada juga puluhan stand makanan dan minuman yang siap untuk mengisi perut, oh ya, disini semua pembelian menggunakan aplikasi LinkAja ya !


Itu dia kesan saya mengikuti Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019.

Semoga bisa ikut di acara lari lainnya.

Artikel Terkait

Newest Post