Thursday, October 11, 2018

Bagaimana Kasur Mempengaruhi Kualitas Tidur dan Apa Dampaknya Bagi Kesehatan ?


Karena mengharapkan kualitas tidur yang baik, yang nyenyak, dan nyaman serta tidak membuat badan pegal-pegal ketika bangun tidur. Banyak orang rela mencari dan membeli kasur jenis tertentu yang kadang-kadang harganya tidak murah. Mulai dari model spring bed, kasur busa, kasur berbahan kapuk, kasur dacron atau silikon, hingga kasur angin.

Berbicara tentang kasur angin, ini adalah sebuah pilihan tempat tidur yang nyaman dan empuk serta awet tapi berharga cukup terjangkau. Ya, harga kasur angin berukuran 135cm X 85cm X 45cm sekitar Rp 350 ribuan saja. Kasur angin single portable berukuran 185 cm x 76 cm x 22 cm bahkan ada yang dijual dengan harga Rp130.000 di toko online Bukalapak.


Harga kasur angin yang murah dan sangat terjangkau ini bisa jadi alternatif terbaik bagi kamu yang membutuhkan tempat tidur nyaman dan bisa di simpan dengan mudah karena ukurannya bisa menciut. Dan karena ukurannya yang fleksibel itu jugalah maka kasur ini mudah dibawa kemana-mana.

Mengapa memilih kasur sangat penting?

Di antara kamu mungkin ada yang sudah pernah merasakan bagaimana kurang tidur dapat mempengaruhi aktivitas di keesokan harinya. Setelah begadang di malam hari, esok hari biasanya kita akan mengalami perasaan yang kurang menyenangkan seperti: mudah emosi, lelah, suka marah-marah, sulit berkonsentrasi, dan merasa tidak fit.


Berbagai dampak tersebut sebenarnya tidak hanya disebabkan karena kita kurang tidur. Melainkan, bisa juga disebabkan karena tidur yang tidak berkualitas. Yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental. Tentu ada banyak penyebab mengapa kita tidak tidur nyenyak di malam hari, di antaranya adalah karena:
  • Terlalu banyak gangguan seperti notifikasi dari smartphone
  • Lingkungan yang berisik. Misalnya jika kamu tinggal di pinggir jalan raya
  • Kasur yang tidak nyaman
  • Terlalu lelah setelah sebelumnya olahraga beberapa saat sebelum tidur
  • Makan makanan pedas pada malam hari
  • Suhu ruangan yang terlalu dingin atau sebaliknya terlalu panas, dan lain-lain
Dari berbagai penyebab tidur tidak nyenyak di atas, salah satunya bisa disebabkan karena tempat tidur atau kasur. Pada artikel ini, saya akan mencoba membahas secara khusus mengenai bagaimana kasur bisa mempengaruhi kualitas tidur dan apa saja dampaknya bagi kesehatan?

Di luar sana, ada banyak jenis matras atau tempat tidur yang bisa kita pilih mulai dari kasur busa yang terkenal murah tapi tidak begitu awet. Lalu ada juga kasur angin yang terkenal nyaman, awet, diringkas, mudah dibawa kemana-mana, ringan, dan harganya pun sangat murah.

Ya, seperti yang telah saya katakan di atas, harga kasur angin sangat terjangkau bahkan jika dibandingkan dengan harga kasur busa yang kadang-kadang hanya empuk selama satu atau dua tahun saja. Padahal harganya tidaklah murah. Kasur busa ada yang berharga Rp 700 ribuan hingga jutaan rupiah untuk yang garansi 10-15 tahun. Yang memori busanya apabila sering dipakai hanya akan bertahan sekitar 2-3 tahun saja.

Bagaimana kasur mempengaruhi kualitas tidur dan apa dampaknya bagi kesehatan?


Kasur yang tidak nyaman akan membuat tidur kita tidak nyenyak. Bahkan tubuh bisa pegal-pegal ketika bangun tidur. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi kesehatan. Karena para ahli mengatakan bahwa tidur yang tidak berkualitas dapat mempengaruhi:
  • Sistem saraf pusat, yang mempengaruhi mental serta keadaan emosional sehingga kita dapat bertindak impulsif, depresi, paranoid, dan bahkan dapat membuat kita lebih rentan terhadap cedera
  • Menurunkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengganggu sistem pernapasan
  • Mengganggu sistem pencernaan, karena kurang tidur akan mempengaruhi kadar hormon leptin dan ghrelin
  • Sistem kardiovaskular termasuk gula darah dan tekanan jantung
  • Sistem endokrin
Tempat beli kasur yang murah dan bagus

Kasur angin adalah salah satu jenis kasur yang saya rekomendasikan. Jika ingin membeli sebuah kasur yang harganya murah, nyaman ditempati saat tidur, tapi juga awet. Harga kasur angin yang terjangkau bisa kamu dapatkan jika berbelanja di toko online. Seperti misalnya toko online Bukalapak yang menyediakan berbagai pilihan harga kasur angin. Tentu saja tergantung ukuran serta kualitas atau tingkat ketebalan bahan yang digunakan.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menentukan kasur ideal kamu. Agar saat bangun pagi, kamu semakin semangat dalam menyambut hari baru.

Artikel Terkait

Newest Post