Friday, February 02, 2018

Belajar Inovasi Bisnis Dari Alfamart

Di tengah kemajuan teknologi seperti saat ini, inovasi adalah salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan sebuah bisnis, hal inilah yang disadari betul oleh pemain industri retail terkemuka di Indonesia “Alfamart”, yang terus melakukan inovasi bisnisnya.

Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah dengan aktif bekerjasama dengan komunitas penggiat media anti-mainstream, yaitu blog. Nah, Senin, 22 Januari yang lalu saya dan rekan-rekan Blogger Jember Sueger menghadiri undangan “Blogger Visit” dari Alfamart Cabang Jember, yang bertempat di Hihi Cafe & Eatery Jl Sumatra, Jember.

Blogger Visit Alfamart x Blogger Jember Sueger. Foto : BJS
Acara dimulai dengan ucapan “Selamat pagi”, dari bapak Sofi’i selaku Corporate Communication Alfamart area Jember, meskipun saat itu waktu sudah menunjukkan jam makan siang, beliau tetap menggunakan “Selamat Pagi” karena sudah menjadi bagian dari tradisi perusahaan.

Sesi perkenalan dan bincang santai. Foto : BJS
“Dengan mengucapkan selamat pagi, pikiran kita akan ter-sugesti untuk terus bersemangat, jadi entah itu siang, sore atau malam, saya selalu berusaha mentransfer semangat dengan mengucapkan selamat pagi”, ungkapnya.

Pada kesempatan ini, hadir beberapa pejabat Alfamart daerah Tapal Kuda yaitu :

  • Nur Badrianto (Deputy Branch Manager),
  • Agung Budi Y (People Development Manager),
  • Sofi'i (Corporate Comunication),
  • Darsono (Area Manager Lumajang),
  • Adi Setiawan (Area Manager Situbondo Probolinggo, Bondowoso),
  • Tri Utoyo (Area Manager Jember, Bwi)

Setelah menikmati sajian makan siang, saya berbincang dengan pak Darsono yang kebetulan berada di sebelah saya, beliau adalah Manager Alfamart area Lumajang, dalam perbincangan tersebut, beliau bercerita tentang perjalanan dan usaha Alfamart untuk bersaing di industri ritel di Indonesia. Beberapa cara yang dilakukan Alfamart antara lain :

1. Aktif Bekerjasama dengan penggiat media online

Sebesar apapun perusahannya, jika tidak pernah dibicarakan netizen dalam media online, maka keberadaannya patut dipertanyakan, Alfamart mengerti betul bahwa media online sudah menjadi bagian gaya hidup yang tidak bisa dipisahkan, untuk itu Alfamart aktif di berbagai kanal media sosial dan turut bekerjasama dengan penggiat media online (blogger, social media influencer dll) untuk meningkatkan brand awareness

2. Meluncurkan e-commerce “Alfacart”

Pak Darsono kemudian menceritakan tentang Alfacart, e-commerce yang menjadi terobosan baru dalam industri ritel di Indonesia, “Saat ini semua orang ingin belanja namun malas keluar rumah, untuk itu kami mencipatkan kemudahan dengan alfacart”. ungkapnya.

Tampilan Alfacart
Dengan tagline “Belanja Online Jadi Dekat”, alfacart memanfaatkan belasan ribu toko Alfamart di seluruh Indonesia sebagai tempat pembayaran maupun pengambilan barang. Jenius bukan ?.

Saat waktu sudah menunjukkan pukul 14.30, kami mengakhiri perbincangan dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Foto bersama Alfamart Jember dan Blogger Jember Sueger. Foto : BJS

Kerjasama Alfamart Cabang Jember dengan Blogger Jember Sueger akan berlanjut pada event-event selanjutnya, salah satunya adalah dalam peliputan program Customer Service Representative (CSR) Alfamart di berbagai daerah Jember dan sekitarnya.

Saya sangat senang bisa terlibat dalam kerjasama ini, semoga Alfamart dan Blogger Jember Sueger bisa dapat terus bersinergi kedepannya.

Artikel Terkait

Newest Post