Wednesday, October 25, 2017

Moto G5s Plus, Smartphone 3 Jutaan, Rasa 5 Jutaan


Saya ingat pertama kali menggunakan smartphone android adalah Motorola Moto G, di awal tahun 2014, motorola menciptakan tren kategori smartphone baru yaitu Budget Phone, julukan smartphone dengan spesifikasi mumpuni tapi dibandrol dengan harga dibawah standar pasar.

Setiap tahunnya Motorola selalu menghadirkan upgrade pada seri Moto G, sedikit flashback pada seri kedua Moto G (2nd Gen) menghadirkan layar lebih luas, Moto G (3rd Gen) memiliki sertifikasi water resistant dan kustomisasi back case melalui layanan Moto Maker, kemudian Moto G4 hadir dengan kamera super 13 MP. Setiap seri Moto G memiliki ciri khasnya masing-masing.

Perjalanan seri Motorola Moto G

Tahun ini motorola merilis Moto G5s Plus, bagaimanakah performanya ? Apakah Motorola masih sukses melanjutkan tradisi gelar “Best Budget Smartphone” ? Berikut adalah review mister sotoy tentang Moto G5s Plus.

1. Desain Super Keren
Motorola sejauh ini adalah produsen smarpthone dengan desain paling orisinil, lihatlah desainnya yang menawan dan anti-mainstream, ketika digenggampun, Moto G5s terasa sangat nyaman berkat material full aluminium yang juga menambah kesan mahal dan berkelas. Logo M dibelakang membuat desain ikonik motorola semakin keren.

Desain ikonik Motorola pada Moto G5s Plus

Desain premium dari Full Aluminium unibodynya membuat build quality Moto G5s tidak perlu diragukan lagi.

Nilai : 8.5/10

2. Layar Lega
Layar pada smartphone memegang peranan penting dalam memanjakan pengguna, untuk itu Motorola membekali Moto G5s Plus dengan layar 5,5 inch berjenis IPS display dan resolusi full HD (1080 x 1920 pixels). Kerapatan layarnya sudah mencapai 401 ppi dan sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 3.



Untuk keperluan menonton film, bermain game hingga mengedit dokumen, layar Moto G5s Plus dijamin nyaman dipandang.

Nilai 8/10

3. Software
Semua keluarga Moto G selalu dikenal dengan sistem operasi stock Android, inilah yang menjadi favorit kebanyakan orang karena versi stock android adalah versi terbaik yang dikeluarkan oleh Google, hal lainnya yang membahagiakan adalah tidak ada software dari produsen yang tidak diperlukan (Bloatware).

Moto G5s Plus hadir membawa Android versi 7.1 Nougat, Motorola sudah mengumumkan bahwa smartphone ini akan mendapatkan garansi update ke versi 8.0 Oreo dan beberapa versi kedepannya.

Nilai 9/10

4. Kamera
Saat ini memotret menggunakan smartphone sudah menjadi tren yang tidak dapat dibendung lagi, untuk itu Motorola membekali Moto G5s Plus dengan kamera canggih.



Di bagian belakang, Moto G5s Plus tidak hanya dibekali 1 kamera, tapi 2 sekaligus, kamera ganda ini dikombinasikan dengan apperture f/2.0 dan dual LED flash. Yang canggih dari kamera Moto G5s Plus adalah 2 kamera ini memiliki perannya masing-masing, satu kamera berfungsi mengambil gambar dengan warna, dan satunya hanya mengambil warna monokrom (hitam putih). Hasilnya luar biasa, kualitas gambar sangat baik di berbagai kondisi, termasuk di daerah minim cahaya.

Kamera ganda yang sama-sama berkekuatan 13 MP ini juga menciptakan kemungkinan baru dalam pengambilan gambar, seperti efek kedalaman (depth effect) yang membuat foto dengan fokus pada objek depan, dan efek blur pada background.



Untuk pecinta selfie, Moto G5s Plus dilengkapi dengan kamera 8 MP dengan wide-angle lens dan juga dilengkapi LED flash.



Nilai : 8.5/10

5. Performa
Berbicara tentang performa, Moto G5s plus memiliki spesifikasi gahar yang jarang ditemui di pasaran, dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 625, 8 inti CPU nya dipadukan dengan Andreno 650 dan RAM 4GB membuatnya performanya tetap ngebut walaupun mengerjakan tugas berat.
Browsing artikel di jalantikus, render video timelapse sambil streaming musik dijamin lancar tanpa lag.

Jadi, tidak masalah lagi jika kamu membuka banyak aplikasi, Moto G5s Plus akan selalu siap mengeksekusi perintah kamu dengan cepat.
Nilai : 8.5/10

6. Daya Tahan Baterai
Motorola Moto G5s dibekali dengan kapasitas bataerai 3000 mAh, membuatnya dapat bertahan seharian meskipun dalam penggunaan agak berat. Kerennya, Moto G5s plus mendukung teknologi Turbo-Charging yang dapat memberi kekuatan hingga 6 jam dengan waktu pengisian hanya 15 menit.



Nilai : 8/10

7. Fitur Lainnya
Spesifikasi lainnya yang turut mendukung Moto G5s menjadi “Best Budget Phone” adalah Konektifitas super lengkap, jaringan 4G LTE (Kat 7) yang mendukung banyak frekuensi, smartphone ini juga dibekali dengan Bluetooth versi terbaru 4.0 yang lebih hemat energi.
Masalah audio, tidak perlu takut karena Moto G5s masih memiliki port audio 3,5 mm dan speaker di port bawah yang mengeluarkan suara cukup kencang.

Nilai 8.5/10

Kesimpulan
Dari penilaian diatas, sudah terlihat jelas bahwa Motorola berhasil melanjutkan tradisinya dalam menciptakan “Best Budget Smartphone”, dengan harga jual 3 jutaan, fitur dan spesifikasi yang diusung Moto G5s Plus harusnya dibandrol di angka 5 juta atau lebih.

Jadi, jika sobat sotoy mencari smartphone dengan spesifikasi terbaik dan harga terjangkau, “there is no exception, Moto G5s Plus is the clear winner”.



Artikel Terkait

Newest Post