Thursday, August 17, 2017

Surga bawah air Banyuwangi

Bangsring Underwater atau biasa dikenal dengan istilah Bunder adalah salah satu destinasi wisata di Banyuwangi, yang terletak di desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Lokasi ini terletak kurang lebih 30km dari kota, dapat diakses dengan kendaran pribadi mobil, sepeda motor maupun angkutan umum/travel.

Kawasan Bangsring Underwater. sumber foto : banyuwangibagus.com

Awalnya, bangsring merupakan area penangkapan ikan dengan cara yang tidak ramah lingkungan, seperti penggunaan bom dan putas yang menyebabkan kerusakan pada terumbu karang dan biota laut lainnya. Akhirnya pada tahun 2008, kelompok nelayan yang diprakarsai oleh bapak ikhwan melakukan gerakan pengembangan ekowisata di daerah tersebut. Sehingga pada tahun tersebut, populasi ikan kembali ke tempat tersebut dan menciptakan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Keindahan bawah laut Bangsring Underwater. sumber foto : http://adventurewisata.blogspot.co.id

Pada tahun 2014, kelompok nelayan samudra bakti memperkenalkan bangsring sebagai destinasi wisata. Bunder menawarkan akivitas wisata yang lain daripada yang lain, pengunjung dapat menikmati water sport yaitu snorkling dan diving dengan disuguhi pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan laut diatas rumah apung. 

Berenang bersama hiu. sumber : banyuwangitour.com

Selain wisata, Bunder juga menawarkan aktivitas konservasi alam, salah satunya adalah klinik hiu, dimana pengunjung dapat berenang bersama hiu di arena yang telah tersedia. Sebagai informasi, hiu disini datang dalam keadaan terluka akibat penangkapan ikan dengan bahan peledak. Kegiatan konservasi lainnya adalah penanaman terumbu karang, hal ini diharapkan dapat menjaga kelestarian terumbu karang dengan melibatkan pengunjung wisata. Jadi dapat disimpulkan bahwa Bangsring Underwater bukan hanya menyediakan destinasi wisata, tapi juga tempat edukasi dan konservasi yang menjanjikan.

Terumbu karang di Basring Underwater. sumber ; youtube.com

Jadi, jika kamu ingin menikmati surga bawah laut, tidak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat atau Wakatobi, datang saja ke Bangsring Underwater Banyuwangi.

Artikel Terkait