Tuesday, February 28, 2017

Resolusi Online 2017 : Saatnya Menjadi Orang baik di Internet

Internet sudah dikenal sebagai teknologi yang banyak sekali membawa perubahan, mulai dari cara manusia berkomunikasi, sosial budaya, hingga sektor ekonomi.

Saat ini, anak muda dengan laptop dan koneksi internet sudah cukup untuk membuat perubahan. Bagaimana tidak, internet sudah menciptakan dunia yang seakan tanpa batas. Semua informasi yang dibutuhkan dapat tersaji secara cepat didepan mata. Internet juga memberikan kebebasan penggunanya untuk menciptakan konten.

Menurut data dari internetlivestats, setiap detiknya terdapat 4800 post di facebook, 6000 tweet di twitter, 769 foto di upload di instagram dan 60 menit video diupload di YouTube, tentu saja tidak semua yang dipost adalah hal positif, tidak jarang juga mengandung konten negatif.

Seperti yang kita ketahui bersama, internet dimanfaatkan sebagian orang untuk menyebarkan kebencian, munculnya berita hoax semakin hari semakin memprihatinkan. Tindakan penipuan online yang semakin merajalela dan kegiatan negatif lainnya.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk membantu memperbaiki keadaan ini ? Disinilah saya ingin menceritakan tentang resolusi online 2017 saya yaitu : Menjadi Orang Baik di Internet.



1. Selalu memverifikasi kebenaran informasi
Dengan semakin mudahnya akses informasi, terkadang ada informasi yang tidak benar, untuk itu, apapun yang kita dapatkan dari internet harus diverifikasi terlebih dahulu kebenarannya. Ada berbagai cara untuk mengetahui kebenaran dari sebuah informasi, salah satunya adalah dengan mengecek sumbernya, apakah berasal dari situs resmi, atau hanya blog biasa.

2. Think twice before you share something
Sebelum memposting, ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab, antara lain :
- Apakah informasi tersebut benar ?
- Apakah informasi tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain ?
- Apakah informasi tersebut tidak menyinggung perasaan orang lain ?
- Apakah informasi tersebut benar-benar perlu diposting/ dibagikan ?
Dengan pertanyaan diatas, saya tidak akan sembarangan dalam memposting sesuatu di internet.

3. Ciptakan konten yang berkualitas
Saya yakin bahwa “There’s Always Room for a Good Content”, akan selalu ada tempat untuk konten yang bagus. Di tengah hiruk pikuk lalu lintas internet yang padat, jika konten yang dibuat adalah konten bagus dan bermanfaat, kemungkinan untuk memperoleh perhatian pengguna akan sangat besar.

Dari prinsip diatas, saya memiliki ide untuk membuat website MagangDimana.com, sebuah website yang menyajikan informasi magang untuk siswa dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Ide ini terinspirasi dari pernyataan Presiden RI Bapak Joko Widodo beberapa saat lalu : “Yang magang itu jangan hanya disuruh fotokopi dan bikin kopi lho ya. Penempatannya harus meningkatkan skill mereka”.



Dari sinilah tercetus ide MagangDimana.com, sebuah portal yang menyediakan informasi magang atau insternship di perusahaan-perusahaan di berbagai provinsi di Indonesia. Tidak hanya memberikan informasi, tapi juga memberikan wadah untuk perusahaan dan siswa agar dapat terhubung. Pihak perusahaan dapat memposting lowongan magang, sedangkan siswa dapat melamar dan memberikan review pengalaman magang mereka.

Untuk mewujudkannya, berikut adalah rencana yang saya susun.

1. Mendesain website
Dalam rencana saya, website magangdimana akan memiliki tampilan sederhana yang mudah dimengerti oleh siswa, maka dari itu, saya mencontoh tampilan dari loker.id

2. Mendaftar domain
Untuk pendaftaran domain, saya mempercayakan kepada Antmediahost, layanan penyedia hosting dan domain termurah dan terpercaya di Indonesia, pertama saya cek dulu ketersediaan nama domainnya.

Setelah mengecek, ternyata nama magangdimana.com masih tersedia dengan harga 135.000/tahun.



3. Memilih Dedicated Server

Mengapa harus dedicated server ? Jawabannya simpel, karna kebutuhan.

Berikut adalah beberapa keunggulan Dedicated Server :

  • Performa Prima : Dengan memiliki satu server secara utuh, maka bandwidth dan data transfer tidak dibagi dengan pengguna lain, website kita dijamin akan lebih cepat diload, bahkan disaat traffic sedang tinggi.

  • Kontrol penuh : Dengan memiliki dedicated server, anda memiliki akses penuh ke server tersebut. Mulai dari pemilihan sistem operasi, hardware dan lain sebagainya.


Pilihan Dedicated Server Murah di AntMediaHost

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam mengelola server, anda tidak perlu bingung dalam membangun website impian anda, dengan dukungan teknik terbaik, tim AntMediaHost akan membantu anda dalam mempersiapkan dedicated server tanpa biaya setup.


Itu dia resolusi online yang ingin saya wujudkan pada tahun 2017 ini.

Jika gajah mati meninggalkan gading, maka manusia jaman sekarang harusnya mati meninggalkan karyanya. Apalagi jika karyanya dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Terimakasih.

Sumber :
https://finance.detik.com/ekonomi-bisnis/3379102/jokowi-ke-pengusaha-yang-magang-jangan-disuruh-fotokopi-dan-bikin-kopi
https://zephoria.com/top-15-valuable-facebook-statistics/
http://www.internetlivestats.com/one-second/

Artikel Terkait