Saturday, October 24, 2015

Blogging for Social Change

Kita hidup diabad yang luar biasa, generasi yang terbuka dimana informasi sangat mudah didapat. Era dimana saat kita tidak menyukai sesuatu, kita bisa mengubahnya.

Yep, artikel kali ini saya akan membahas tentang apa sih yang pengen saya raih dengan menjadi blogger, dan apa rencana kedepannya, nah untuk study casenya saya mengambil blog weloveunej.com

 Go For It with Blog Emak Gaoel
 Go For It with Blog Emak Gaoel

Let the story begin...

Perjuangan ngeblog dimulai saat saya duduk di bangku kuliah, (well, actually dari smp, tapi nulisnya sembarangan) . Berawal ketika masih menjadi mahasiswa baru di Jurusan Sistem Informasi Universitas Jember, waktu pertama kali masuk kuliah ngerasa ada yang kurang sama pemanfaatan Teknologi Informasi di kampus ini, terutama untuk publikasi kegiatan-kegiatan mahasiswa dan lambatnya penerbitan berita seputar prestasi mahasiswa di website resmi kampus.

Dari situ muncullah project blog dengan nama weloveunej, nama yang simple tapi cukup powerfull untuk menunjukkan cinta saya kepada universitas ini, berawal dari april 2013, dengan berbekal 60 artikel mengenai info kampus dan acara mahasiswa, blog ini memenangkan ajang lomba blog tingkat universitas.

projek blog untuk persatuan mahasiswa


Setelah memenangkan gelar tersebut saya berfikir bagaimana blog saya ini memberikan manfaat tidak hanya bagi saya, tapi juga untuk seluruh mahasiswa, dan syukur syukur bisa jadi identitas kebanggaan mahasiswa Universitas Jember.  Dari situ saya memulai membuat artikel untuk mempersatukan mahasiswa kampus, salah satunya adalah 40 Fakta Mahasiswa UNEJ yang sukses mendapatkan hampir 5000 views.

Setelah 2 tahun berlalu, saya tetap konsisten mengupdate artikel di blog ini, hingga sekarang sudah ada 260 artikel dengan hampir 200.000 pageviews, banyak sekali suka dan duka yang saya alami dengan mengelola blog ini, seperti dihubungi pihak bank saat SBMPTN karna dikira petugas resmi dari kempus, hehehe. Hal yang paling menyenangkan adalah ketika mendapat komentar positif dari pembaca, di blog weloveunej ini dukungan banyak mengalir dari mahasiswa, hingga alumni. Hal inilah yang membuat saya termotivasi untuk terus mewujudkan hobi blogging dan menjadi agent of change di lingkungan terkecil saya saat ini, yaitu kampus.

Itulah keinginan yang selalu ingin saya gapai, sebuah impian yang menjadi alasan saya untuk tidak kenal lelah mengupdate artikel di blog weloveunej, yang saya yakini adalah dengan blog, kita bisa mengutarakan ide dan membuatnya dapat dibaca oleh jutaan orang, dengan ini kesempatan untuk bertemu orang yang memiliki kesamaan visi akan semakin besar, nah dengan kekuatan kebersamaan inilah ide ide tadi dapat terwujud dan membuat lingkungan kita menjadi lebih baik. 

Tentu saja langkah saya masih sangat jauh tertinggal dari para blogger di luar sana, apalagi emakgaoel, yang benar benar sudah bisa menjadi agent of change lewat tulisan tulisan di blognya.

Aplikasi yang digunakan untuk ngeblog :

Writer : Udah 5 bulanan pake aplikasi ini, kesannya simple dan less distracted banget, jadi bisa fokus 100% buat nulis.

Writer : Aplikasi wajib untuk menulis artikel


Canva : aplikasi favorit buat bikin karya grafis yang keren2, disini udah tersedia puluhan template dan typography yang bisa dipake dan disesuaikan dengan gambar kita. Selain itu aplikasi ini bisa juga buat bikin karya grafis lainnya, seperti post instagram, facebook cover hingga infografis.

Canva : Bikin urusan grafis jadi gampang


Contoh hasil karya menggunakan Canva :





Kata terakhir dari saya, selama kegiatan blogging kamu dapat memberikan manfaat, sekecil apapun, lanjutkanlah itu, besarkan mimpimu untuk membuat manfaat itu dirasakan oleh orang banyak, so, what are you waiting for ? just go for it


Go For It Blog Competition

Artikel Terkait