Monday, July 06, 2015

Review Semester 6 : An Unexpexted Journey



Sebenarnya post ini udah cita cita sejak semester 1 dulu, konsepnya nge-review mata kuliah-mata kuliah yang udah dijalanini selama satu semester, tapi rencana jadi sebatas wacana, akhirnya baru sekarang bisa nulis.  okay let's get started

Semester 6 adalah semester setelah semester 5 (iya lah), kalo menurut mitos dari kakak angkatan, semester 6 bakal mengalami penurunan jumlah kuliah dan tugas, sebagai informasi, semester ini udah masuk ke "Mata Kuliah Penjurusan", jadi mahasiswa milih mata kuliah sesuai sama penjurusan yang dipilih, tahun lalu kakak angkatan masih bisa ambil salah satu dari GIS atau akuntansi, tapi untuk tahun ini (2012) cuma tersisa 1 matkul penjurusan, karena dosen dari penjurusan lain masih studi lanjut. dan akhirnya tersisalah the one and only "Akuntansi" sebagai mata kuliah penjurusan.

Setelah sibuk nyari mata kuliah yang gak ada projeknya sesuai sama keinginan, maka terpilihlah 8 mata kuliah, 7 mata kuliah semester ini dan satunya ngambil matkul semester 4.

Here is the review.

Datamining
Sesuai sama namanya, matkul ini kuliahnya seputar pengolahan data, disini kita dikenalin sama namanya dataset, datasample, dll, oh ya ada di matkul ini kita pake tool/software tambahan namanya "weka", output matkul ini adalah presentasi ke dosen, ambil topik lalu pilih metode dataminingnya.
FYI : tugas ini berkelompok (2 orang), judul tugas saya waktu itu "Sistem Pengklasifikasi Mobil layak beli BBM Bersubsidi dengan metode Naive Bayes Classifier", tapi ternyata salah topik karna ini sebenarnya udah ada rule-nya. tapi alhamdulillah, cukup puas dengan nilai B.

Aspek Sosial dan Ekonomi Perangkat Lunak
Presentasi Aspek, dari kiri : Lina, Mahmudah, Nuril, Pak Dhe Mada

Aspek sosial ini bobotnya 3 SKS, diampu oleh Bu Diah dan Pak Syaiful, matkul ini mengulas tentang apa aja sih yang harus dipikirkan oleh kita sebagai "Orang IT" ketika mungkin membuat sistem atau sejenisnya, apa dampak sosial dan ekonomi yang akan terjadi ? atau sejauh mana produk IT akan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat ? apakah berdampak baik atau buruk ?, di matkul ini kita juga belajar tentang berbagai sudut pandang, mulai dari perusahaan, bahkan orang yang awam dengan teknologi. kuliah ini diisi dengan presentasi, dan satu tugas yang unik adalah kita disuruh nge-review tayangan wawancara sama bandar narkoba .

Professional Issue
matkul ini lanjutan dari matkul tahun lalu yaitu Metodologi Penelitian, atau bisa dibilang ini versi advanced dari Metpen, goalnya adalah bikin proposal seminar (skripsi), jadi mulai penentuan judul, metode, pendahuluan, bab 1 dan seterusnya, kuliah diisi dengan materi dan laporan kemajuan dari mahasiswa, nah, saat laporan nih si mahasiswa kudu presentasi judulnya di depan, bad luck banget kalo udah disuruh maju (apalagi progress masih nol)

Sistem Penunjang Pengambilan Keputusan
Awal masuk udah bikin jantungan ini matkul, soalnya diceritain goalnya bikin Decision Support System berbasis andro, yah anak2 sekelas udah pada ribut aja, akhirnya di belakang2 udah gak diwajibin lagi pake andro, dan endingnya malah gak ada presentasi projek ke dosen _
Oh ya, matkul ini modelnya sama kayak aspek, jadi dibentuk kelompok untuk presentasi jelasin metode2 DSS, dan tugas akhirnya bikin aplikasi DSS berbentuk laporan PDF, nah yang ini kasian banget sama anak2 yang udah lembur semaleman buat bikin appnya, tapi kabar gembira buat yang belom bikin *evil laugh

Supply Chain Management
Ini bisa dibilang sebagai matkul paling terintegrasi di semester ini, hehehe, soalnya satu kelas ada 6 kelompok dan disuruh bikin 1 produk yang dibagi setiap proses SCMnya, disini kita ambil produksi teh, jadi ada kelompok Perkebunan Teh, produksi, kemasan, gudang hingga distributor. goalnya adalah bikin sistem manajemen supply chain sesuai dengan bagian tadi,

Basis Data Terdistribusi
Pas bagian nulis ini jadi inget sama bagus windi, nindi sama pohaci, wakakak
Di mata kuliah ini kita belajar mengkoneksikan database antar komputer, dari 2os hingga 4os, untuk melakukan itu kita pake software yang namanya Virtualbox, nah, software ini berfungsi untuk bikin OS didalam OS, kebayang gak kalo laptop kamu diinstal 4 os (5 sama os kamu sekarang) ? kalo ga kuat gak usah dibayangin ya, berat soalnya. hehehe, FYI model kuliahnya  ada presentasi kelompok (2 orang), laporan dan UAS.

SIA UKM
ini salah satu matkul akuntansi, disini kita dibikin kelompok (5-6 orang) untuk membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) di sekitar kampus dalam pencatatan transaksi usahanya, yah, bikin sistem akuntansi gitu, anak2 pada semangat banget nih nyari UKMnya, ada yang dapet Maxima, LBB delta, salon blablabla (gatau namanya, kelompoknya ainul sama yunda nih), mebel diah sama percetakan.

Statistika
Duh, berat buat ngereview mata kuliah satu ini, huhuhu, udah dedengkot soalnya, FYI, ini mata kuliah ngulang semester 4, soalnya waktu itu dapet D, kalo model tahun lalu sih emang GJ GJ gajelas gitu kuliahnya, dan sekarang udah mendingan, soalnya ini matkul sudah dipegang oleh orang yg tepat, nah, matkul udah di jalan yang benar, ternyata saya sendiri yang teledor -_-, absen cuma 40%, jadi gabisa ikut UAS, akhirnya dapet nilai sama kayak tahun lalu.

Itu aja sih, intinya semester 6 ini adalah semester yang bakal kamu laluin setelah semester 5 (gak lucu)
Gak nyangka udah 3 tahun jadi mahasiswa, tahun depan berarti udah lulus dong ? seharusnya iya, tapi mari kita lihat saja nanti. mudah mudahan semester depan lebih rajin lagi.

btw mungkin ada yang protes dan bingung sama judulnya ya ?
wkwkwk, entah kenapa kalo inget semester 6 jadi inget salah satu serinya The-Hobbit, An Unexpected Journey, kenapa ?
tunggu di postingan saya selanjutnya ya :)

Artikel Terkait